Twitter
Facebook

Belajar Membaca Qur an – Perbedaan Umat Dahulu dan Sekarang

Belajar membaca Qur an sudah menjadi kewajiban atau kebiasaan yang wajib dilakukan bagi para generasi emas pada jaman Rasulullah SAW. Belajar membaca Qur an pada masa itu bisa dikatakan sebagai menu utama. Mengapa dikatakan sebagai menu utama? Karena bisa dikatakan bahwa generasi yang selalu membaca dan menghafal Qur an merupakan rahasia terciptanya generasi emas umat Muslim pada masa itu. Lalu mengapa umat Islam pada jaman sekarang ini terkesan tidak bertaring? Mungkin karena umat Islam sekarang sudah mulai banyak yang melupakan Qur an sebagai pegangan hidup.

Belajar membaca Qur an

Pada jaman sekarang, sepertinya Qur an hanya dijadikan sebagai symbol saja, misalnya sebagai symbol untuk pengangkatan sumpah jabatan. Lalu setelah seseorang menjabat, tidak jarang yang masih tidak amanat. Bukankah ini tanda bahwa Qur an bukan lagi dijadikan sebagai pedoman hidup? Pada jaman dahulu, semua umat Islam berlomba-lomba untuk mempelajari, membaca dan menghafalkan Qur an bukan untuk dipamerkan tetapi untuk dijadikan pegangan hidup.

Belajar membaca Qur an tidak hanya untuk membuat kita mampu membaca Qur an saja tetapi juga kita harus sadar bahwa kita juga harus bisa mengamalkannya untuk kehidupan kita sehari-hari. Jadi, manfaat membaca Qur an jika mau dipahami dengan tepat antara lain:

  • Bisa menjadi bahan renungan atau muhasabah ketika kita sedang merasa bahagia atau sedih.
  • Bisa meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita.
  • Menjadi pengingat atas kebesaran Allah SWT.
  • Menjadi hujjah di dalam ghazwul fikr sekarang.
  • Menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Menjadi motivator.
  • Menjadi amal solih.

Belajar membaca Qur an dan membacanya agar lebih mudah bisa Anda lakukan dengan bantuan teknologi, yaitu pena Qur an digital Al Qolam. Pena digital ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mempelajari karena disertai tuntunan membaca huruf hijaiyah dan juga tuntunan cara baca yang benar. Selain itu, Anda juga bisa membawanya bersama Anda dan dengan begitu, Anda bisa membacanya di manapun tempat yang terbebas dari hadas dan najis.