Twitter
Facebook

Cara Baca Alquran – Cara Baca Alquran tanpa Mengindahkan Tajwid? Apakah Dosa?

Cara baca Alquran seharusnya memang mengindahkan setiap tanda baca dan tajwid. Karena cara baca Alquran juga kan berpengaruh pada makna kata yang diucapkan itu sendiri. Jadi, dalam membaca Alquran, wajib hukumnya untuk membacanya dengan benar sesuai dengan apa yang sudah diajarkan oleh Rosulullah SAW. Anda harus bisa melihat keistimewaan Alquran agar Anda semangat mempelajari tajwid. Keistimewaan Alquran adalah bahwa setiap bacaannya yang sampai pada kita sudah melalui periwayatan-periwayatan yang shahih dan dengan sanad yang tersambung sampai Baginda Muhammad SAW. Jadi, walaupun di dalam Alquran terdapa beragam jenis bacaan, emuanya itu tetap mempunyai sanad yang tersambung kuat kepada bacaan Nabi Muhammad SAW.

Cara baca Alquran

Lalu apa yang mengharuskan kita mempelajari dan mempraktikkan ilmu tajwid? Ilmu tajwid adalah ilmu yang datatang setelah Alquran diturunkan. Ilmu ini sendiri awalnya disusun oleh para ulama Alquran dan juga para qurra’. Ilmu ini dibuat berdasarkan pengamatan dan penelitian mendalam tentang semua bacaan di dalam Alquran. Tujuan dibuatnya ilmu tajwid adalah untuk memudahkan orang dalam membaca Alquran dan juga bisa mengingat cara bacaannya sesuai dengan riwayat yang sudah disampaikan apda kita umat Islam.

Cara baca Alquran dengan tajwid yang benar akan menghindari kita dari kekeliuran makna dan pengertiaannya, termasuk kesalahan hukum-hukum bacaannya maupun kesalahan dalam melafalkan huruf hijaiyyahnya. Ketika kita membaca ayat Alquran secara cepat, kita juga tidak boleh melanggar aturan ilmu tajwid yang sudah ada. Jadi, jika Anda masih ragu mengapa di beberapa kesempatan (misalnya di pengajian dan ketika membaca surat Yaasin) selalu membaca ayat Alquran dengan cepat? Hal ini tidak menjadi masalah asalkan cara bacanya betul dan tidak merusak tajwid. Karena jika tajwid sudah diabaikan, maka akan merusak arti dan juga berdosa.

Cara baca Alquran dengan mengindahkan tajwid adalah wajib. Jika Anda menemukan seseorang membaca Alquran dengan cepat dan Anda menganggap bahwa bacaannya tidak sesuai dengan tajwid, Anda bisa menegurnya dengan sopan dan beritahu dengan baik bagaimana seharusnya tajwid itu. Jika memang Anda mempunyai alat bantu (misalnya pena Al Qolam), Anda bisa menunjukkannya pada teman Anda tersebut. Pena Al Qolam bisa membantu Anda untuk mempelajari bacaan Alquran yang tepat dan ilmu tajwid-nya. Dengan begitu, bacaan Anda akan lebih fasih dan benar.