Twitter
Facebook

Cara Cepat Membaca Al-Quran – Tips Belajar Cepat Membaca Al-Quran

Cara cepat membaca Al-Quran selalu menjadi dambaan semua kaum Muslim. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan bila kita ingin belajar cepat membaca Al-Quran. Walaupun kita ingin belajar membaca Al-Quran dengan cepat, kita tidak boleh mengesampingkan cara membaca Al-Quran yang baik dan benar dan sesuai dengan cara membacanya. Jika kita ingin bisa membaca Al-Quran dengan cepat, ada beberapa tips yang harus kita ketahui. Pertama-tama kita harus mengetahui dan dapat membaca dengan benar huruf Hijaiyyah. Huruf Hijaiyyah merupakan abjad dalam bahas Arab. Huruf Hijaiyyah terdiri dari 28 huruf. Huruf Hijaiyyah adalah  Jika kita telah menghafal benar bunyi atau bacaan huruf Hijaiyyah kita akan dapat belajar membaca Al-Quran dengan cepat. Dapat membaca huruf Hijaiyyah dengan benar merupakan modal awal anda untuk bisa belajar cepat untuk membaca Al-Quran.

 Setelah kita mengetahui dan memahami serta dapat membaca huruf Hijaiyyah dengan fasih kita dapat menuju langkah selanjutnya untuk memahami cara cepat membaca Al-Quran. Yang harus kita pelajari selanjutnya dalah mempelajari tanda baca. Terdapat tiga tanda baca dalam bahasa Arab yaitu; fathah, kasrah, dan dhomah. Seperti halnya belajar berbahasa Indonesia, tiga tanda baca dalam bahasa Arab yang disebutkan tadi (fathah, kasrah, dan dhomah) mirip seperti huruf vokal yang terdapat di dalam bahasa Indonesia. Dengan memahami ketiga tanda baca tersebut maka kita telah selangkah lebih maju lagi untuk belajar cepat membaca Al-Quran.

Langkah selanjutnya dalam belajar cepat membaca Al-Quran, kita harus menguasai atau paling tidak mengetahui tentang isyarat tanda baca yang terdapat di dalam Al-Quran. Dalam tata cara membaca Al-Quran terdapat banyak isyarat tanda baca seperti, Mad Arid Lissukun. Mad Arid Lissukun adalah apabila huruf Mad bertemu dengan huruf Hijaiyyah pada akhir kalimat, maka cara bacanya dipanjangkan lebih dulu baru dimatikan. Kemudian isyarat baca yang lain seperti Mad Wajib Muttasil yang artinya apabila huruf Mad bertemu dengan huruf Hamzah pada satu kata maka harus panjang lima harkat. Jika kita ingin belajar cepat membaca Al-Quran dengan baik dan benar sudah selayaknya kita memahami isyarat baca tersebut.

Langkah yang ke-4 adalah mengetahui dan menguasai teknik membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran dieperlukan tehnik-tehnik tertentu. Tehnik-tehnik tersebut disebut Tajwid. Tajwid merupakan hukum atau tata cara membaca Al-Quran. Tajwid terdiri dari Idzhar, Idgham, Qalqolah, Ikhfa, Iqlab dll. Jika kita ingin belajar Al-Quran dengan cepat kita harus memahami tehnik-tehnik tersebut. Idgham adalah teknik membaca dengung, seperti halnya jika ada huruf hijaiyyah “nun” mati bertemu dengan “Mim”. Jika kita menemukan kalimat ini maka teknik membacanya harus dengung, dapat juga dikatakan Idgham Bighunnah. Sedangkan Ikhfa adalah bunyi samar-samar. Ikhfa terjadi apabila “nun” mati bertemu dengan salah satu huruf Ikhfa.

Tips yang terakhir cara cepat membaca Al-Quran adalah “praktek”. Seseorang tidak akan bisa membaca Al-Quran dengan fasih apabila tidak pernah mempraktekkannya secara langsung. Bacalah Al-Quran secara rutin. Sebelum waktu masuk subuh atau setelah maghrib adalah waktu yang baik untuk membaca Al-Quran. Perlu diingat, jika kita masih belum fasih dalam membaca alquran, ada baiknya jika ada yang membimbing anda selama kita membaca alquran, agar jika ada kesalahan baca pendamping anda bisa membetulkan dan kita bisa langsung memperbaiki kesalahannya. Walaupun kita ingin cepat belajar membaca Al-Quran, kita tidak boleh mengesampingkan hukum-hukum bacaannya.

Itulah sedikit tips bagaimana belajar cepat membaca Al-Quran. Semoga tulisan ini dapat membantu dan sedikit banyaknya tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya. Untuk memesan Pena Al Qolam, silahkan menghubungi: Tel (021)666-05913 atau 666-02375


One Response to “Cara Cepat Membaca Al-Quran – Tips Belajar Cepat Membaca Al-Quran”

  1. H.A.YURI GARTINA says:

    Ass. Wr. Wb.
    Saya ingin menyempurnakan lagi baca al-qur’an

    Wassalam

Leave a Reply